37.335 siswa SM/SMK Surabaya siap ikut UN

sebanyak 37.335 siswa sma/smk juga sederajat pada kota surabaya mulai senin (15/4) hingga kamis (18/4) hendak mengikuti ujian nasional (un) 2013.

kepala dinas studi (disdik) kota surabaya, m. ikhsan, sabtu, menungkapkan, pihaknya sudah melakukan persiapan maksimal supaya menyukseskan pelaksanaan un tahun ini, selama antaranya mengadakan rapat kerja kepala sekolah sma, smp juga sd.

kami dan sudah mengadakan pakta integritas penyelenggaraan un, ujarnya.

selain tersebut, lanjut dia, disdik juga melakukan antisipasi menyikapi apabila ada siswa dan terkendala pada memenuhi un, semisal halnya kalau banyak siswa yang sakit oleh karenanya harus melaksanakan un selama properti sakit serta sedang berada pada lembaga pemasyarakatan.

Informasi Lainnya:

untuk mengantisipasi hal tersebut, telah banyak tim yang ingin disiapkan untuk mendampingi siswa itu, ujarnya.

menurut dia, bagi siswa dan terkendala tersebut pelaksanaan un selama web tiap-tiap atau mampu juga banyak ujian susulan dalam minggu berikutnya.

untuk proses distribusi naskah, lanjut dia, pihaknya telah mengerjakan pengambilan naskah soal selama percetakan, pada kamis (11/4) kemarin untuk kemudian dibawa ke polrestabes surabaya. dari polrestabes, naskah soal kemudian didistribusikan ke polsek-polsek dalam sabtu (13/4).

kemudian di hari senin sampai kamis nanti, naskah soal didistribusikan dari polsek ke sekolah-sekolah, katanya.

ikhsan mengingatkan agar audien un memperhatikan pilihan hal dan masuk kategori tindak pelanggaran, daripada dan ringan sampai pelanggaran berat, selama antaranya meminjam alat tulis dari audien ujian, membawa hp (ponsel) dalam meja peserta ujian, membawa contekan ke ruang ujian, atau menyontek serta mencari kunci langkah awal.

peserta un dan jangan hingga lupa untuk membawa kartu ujiannya, ujar mantan kepala bapemas kb ini.

untuk pengawas ujian, papar dia, juga dilarang keras untuk memberi contekan ataupun membantu audien ujian selama menjawab soal. pengawas serta tidak diizinkan menyebarkan atau membacakan kunci langkah awal terhadap peserta ujian, tergolong mengganti juga menghabiskan lembar Jawaban un.

sementara agar pelanggaran ringan pada antaranya lalai, tertidur, merokok, atau berbicara dan mampu mengganggu konsentrasi peserta ujian.

sebelumnya, wali kota surabaya tri rismaharini mengingatkan kepada para siswa-siswi audien un, supaya tidak tidak susah percaya dengan kehadiran pesan selebaran serta short message service (sms) atau pesan pendek yang berisi bocoran langkah awal soal. menurut risma, selebaran maupun sms berisi Jalan keluar tersebut sama pilihan tidak seorang.

risma meyakini, siswa-siswa dalam surabaya telah sangat siap menghadapi pelaksanaan un. untuk persiapan menghadapi un, wali kota perempuan pertama pada kota surabaya ini sudah menginstruksikan di kepala sekolah dan para guru agar menyiapkan anak didiknya melalui langkah melakukan latihan mengerjakan soal via ulangan setiap minggu.

wali kota dan menekankan pentingnya para pengawas un untuk ramah terhadap siswa. artinya pengawas tak menciptakan suasana menegangkan dan memesan peserta un menjadi stres serta gugup.