Ribuan pekerja rekanan Freeport ancam mogok

sekitar 1.200 pekerja dalam tiga perusahaan kontraktor pt freeport indonesia, yakni pt jasti pravita, pt osato seike juga pt srikandi mitra karya, mengancam ingin mogok kerja pada sebulan terhitung mulai selasa (30/4) pukul 06.00 wit hingga 31 mei 2013.

ancaman mogok pekerja tiga perusahaan tersebut diutarakan dengan pimpinan unit kerja (puk) sp-kep spsi tiap-tiap perusahaan kepada wartawan selama timika, senin.

ketua puk sp-kep spsi pt jasti pravita irwanto hassan menyatakan alasan utama pekerja melakukan penampilan mogok karena manajemen pt jasti pravita, pt osato seike juga pt srikandi mitra karya tak akan menerapkan keputusan gubernur papua nomor 192 tahun 2012 tentang upah minimun sektoral kabupaten (umsk).

sesuai keputusan gubernur papua dan berlaku dipercaya dari 1 januari 2013, upms dan mesti dibayarkan dengan perusahaan pada pekerja melalui basis gaji terendah sebesar rp11.850 per merek ataupun sekitar rp2.050.000 supaya 173 jam kerja. namun tiga perusahaan tersebut sampai saat ini masih memberikan gaji kepada pekerja melalui basis terendah sebesar rp7.874 per produk.

Informasi Lainnya:

kesenjangan ini sudah berlangsung puluhan tahun. ada rekan-rekan kami yang telah bekerja belasan tahun menerima upah tak sesuai melalui standar umsk dan ditentukan pemerintah. di ini terjadi eksploitasi besar-besaran kepada pekerja, tutur irwanto.

para pekerja masih membuka diri agar berdialog melalui manajemen ke tiga perusahaan juga pihak-pihak tenntang lainnya untuk aksi mogok kerja tak maka dilaksanakan. tapi puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan tersebut menegaskan kiranya aksi mogok kerja bisa dibatalkan jika tiap-tiap perusahaan konsekuen menerapkan sk gubernur papua nomor 192 tahun kemarin tentang umsk.

kami baru membuka diri kepada pihak manajemen perusahaan. hingga ketika ini kami baru tetap menunggu juga menginginkan adanya titik temu. sk gubernur papua merupakan acuan kami, tutur irwanto.

irwanto dan rekan-rekannya berkomitmen manakala tidak ada titik temu pembahasan melalui bagian manajemen ke tiga perusahaan dengan begini mulai selasa (30/4), semua pekerja ke tiga perusahaan itu yang dalam ini bekerja pada area kerja pt freeport indonesia mulai daripada tembagapura hingga pelabuhan portsite amamapare akan bergerak menurun ke timika.

selama berlangsungnya aksi mogok, pekerja hendak berkonsentrasi dalam kantor sekretariat puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan selama jalan perjuangan timika indah. seterusnya, kaum pekerja hendak menyusun rencana seterusnya supaya mengerjakan penampilan demonstrasi ke kantor disnakertrans dan kantor dprd mimika manakala tuntutan mereka belum dijawab oleh pihak-pihak terkait.

ketua puk sp-kep spsi pt osato seike umar djabu menegaskan manakala tidak banyak titik temu pembahasan dengan bagian manajemen perusahaan sampai senin malam pukul 24.00 wit dengan demikian aksi mogok kerja 1.200 pekerja tiga perusahaan jadi diselenggarakan mulai selasa (30/4).

umar menegaskan, mogok kerja yang dilakukan itu sah untuk memperjuangkan tegaknya ajaran pemerintah. dari februari sampai ketika ini, ujarnya, puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan sudah 11 kali mengerjakan pertemuan melalui manajemen perusahaan masing-masing tapi tidak mendapatkan solusi.

sedangkan ketua puk sp-kep spsi pt srikandi mitra karya, karter anuar aritonang mempertanyakan kinerja dinas tenaga kerja serta transmigrasi mimika dan tak becus menggarap pengawasan pada penerapan sk gubernur papua perihal umsk juga tak pernah menindak tegas perusahaan-perusahaan yang mengabaikan keputusan pemerintah tersebut.

ada eksploitasi besar-besaran tenaga kerja dalam timika supaya kepentingan segelintir pihak. ada rekan kami dan berusaha belasan tahun tapi berstatus pekerja harian. saat cuti tak dibayar, saat sakit tak dibayar. mengapa pemerintah tak menindak perusahaan-perusahaan ini, serta apakah freeport tak mengetahui ternyata kami berusaha dalam area kerja pt freeport, tanya aritonang.