Duka Boston untuk mahasiswi China yang brilian ini

tiga mahasiswi universitas boston asal china juga saling bersahabat, mengalami nasib berbeda akibat bom maraton boston kemarin. lu lingzi tewas, zhou danling luka parah, sementara satunya dulu selamat.

seluruh kampus berduka agar kematian lu, mahasiswi brilian jurusan matematika yang baru september tahun lalu berada selama boston, supaya berkuliah pada universitas bergengsi tersebut.

ketiga perempuan ini adalah termasuk ratusan orang dan terkena ledakan dua bom di garis finish lomba maraton boston. bom-bom ini menewaskan tiga pihak dan melukai 180 orang.

kepala jurusan matematika universitas boston kathleen heavey mengatakan seluruh sivitas akademika berduka agar korban.

Informasi Lainnya:

hati serta pikiran kami bersama dengan keluarga serta kerabat korban, kata robert brown, rektor universitas dan mempunyai 31.000 mahasiswa daripada 100 negara tersebut.

sebuah acara agar menghormati kaum korban sudah dipersiapkan, pun itulah suatu pemakaman massal diselenggarakan kamis ini.

lu juga zhu adalah termasuk ratusan mahasiswa china pada boston.

sebelum memenuhi maraton, lu memposting foto dia tengah menyaksikan sarapan khas china pada jejaring sosial china, weibo. sarapanku yang luar biasa, tulisnya dalam bahasa inggris semisal dikutip afp.

para mahasiswa dengan tidak putus asa menggunakan lu ketika dia dinyatakan hilang sejak senin malam. zhu menjalani sederat operasi di rumah sakit dan disebut di kondisi stabil.

dia dikelilingi teman-temannya, juga dia ingin segera didatangi keluarganya, tutur pendeta universitas itu, reverend robert hill.

mahasiswi ketiga masih tetap anonim serta begitu berat supaya berbicara, kata para mahasiswa.

gao qin, mahasiswa jurusan hukum berusia 24 tahun asal shanghai, menyatakan seluruh orang mengkhawatirkan lu, seluruh orang berusaha memesannya sesudah dikabarkan hilang.

semua orang terkejut serta sedih kalau mereka mendapati gadis tersebut telah meninggal, sambung gao seperti dikutip afp.

banyak daripada teman-teman saya adalah temannya juga, karena ini merupakan komunitas dan sangat kecil. mereka mengenang betapa lucu juga menyenangkannya dia. dia serta pekerja keras.

lu bersekolah pada shenyang, lalu meraih sarjana ekonomi juga perdagangan internasional selama institut teknologi beijing.

pada 2010, dia berkuliah pada universitas california pada riverside pada tiga bulan demi memperbesar peluangnya dapat berkuliah dalam situ.

para profesor boston menyebutnya dibuat mahasiswi dan cemerlang.

mahasiswa teologi meghan nelson meletakkan sepasang sepatu, bunga dan gantungan kunci universitas itu dalam depan memorial martin luther king agar menghormati mahasiswi yang tewas ini.

joy lin, mahasiwa berusia 23 tahun dari beijing, meletakkan topi hijau serta tulisan berbunyi daripada boston serta beijing bersama cinta.

dia orang cina serta aku dan cina. topi ini khas boston. ada imigran irlandia datang ke situ. boston merupakan rumahku. saya sangat mencintai boston, papar dia.

sejumlah mahasiswa universitas boston menjadi saksi daripada pemboman itu juga pilihan diantaranya menjadi relawan pascapemboman.

derrick kwok tadinya menjadi relawan agar pelari dan kelelahan dan memerlukan pemeliharaan kesehatan selama tidak jauh garis finish. namun pada situasi dan berubah dramatis dia beralih mempunyai tandu agar para korban pemboman.

relawan lainnya, alex kwok, mengaku merasakan kedua ledakan tersebut. tadinya dia menyangka ada tenda roboh serta generator meledak. saya tidak yakin tersebut bom semisal perkiraan awal orang pada umumnya, tutur dia seperti dikutip afp.