UNICEF puji pengesahan kesepakatan perdagangan senjata

unicef, selasa (2/4), menyambut menarik pengesahan kesepakatan perdagangan senjata (att) oleh sidang majelis publik pbb untuk cara berguna ke arah perlindungan anak-anak melalui pengaturan penyerahan senjata dari Satu negara ke negara lain.

kurangnya pengawasan global yang konsisten perihal perdagangan senjata telah memungkinkan senjata disalah-gunakan di skala besar, oleh karenanya mengakibatkan pembunuhan juga membuat-cacatnya ada warga sipil, papar unicef di siaran pers dan dikeluarkan di markas pbb, new york.

kenyataan kiranya kesepakatan tersebut membuat referensi khusus kepada anak kecil juga hawa amat membesarkan hati, kata susan bissel, kepala unicef urusan perlindungan putri pada new york.

sidang majelis publik dan memiliki 193 anggota sudah menyetujui kesepakatan perdagangan senjata global --yang gagal mencapai dukungan bulat pekan sebelumnya-- namun mencari dukungan kebanyakan negara anggota saat diajukan untuk pemungutan suara pada selasa.

Informasi Lainnya:

kesepakatan tersebut membuat perdagangan senjata internasional dan bernilai miliaran dolar as.

kesepakatan perdagangan senjata membayar berbagai negara supaya dengan terbuka mempertimbangkan risiko kiranya pengalihan senjata mampu memudahkan tindakan kekerasan serius kepada wanita dan anak-anak sebelum mengizinkannya dilanjutkan, kata susan bissel sebagaimana dilaporkan xinhua, rabu malam.

itu bermanfaat mengingat senjata sekarang adalah salah Salah satu penyebab utama kematian anak-anak dan remaja selama banyak negara, termasuk ada pihak yang tak mengalami perang.

kekerasan bersenjata, berdasarkan laporan pbb, menewaskan lebih dari setengah juta pihak semua tahun, tergolong 66.000 hawa anak serta wanita.

selain itu, antara 2000 juga 2010, hampir 800 pekerja kemanusiaan tewas dalam serangan bersenjata dan sebanyak 689 pihak dulu cedera, tutur kantor pbb urusan perlucutan senjata.

kekerasan bersenjata dan pengalaman perorangan dan kelompok sangat berbeda pas melalui usia juga jenis kelamin. seringkali, anak-anak bukan cuma adalah korban dan saksi mata kekerasan bersenjata, tapi mereka dan bisa saja berubah merupakan pelaku kekerasan dan berkaitan dengan senjata.

anak-anak menanggung dampak segera dan konsekuensi tak segera dari cedera di diri mereka sendiri ataupun anggota keluarga mereka, termasuk pengusiran, kemiskinan dan berkurangnya akses ke studi dan kesehatan.

tantangan sekarang akan berupa membuat kesepakatan itu berhasil, kata bissel. ini merupakan upaya paling utama agar membuat industri raksasa melalui jangkauan global, namun dengan dampak hingga ke masyarakat paling kecil. berkat kepemimpinan pemerintah juga keterlibatan intensif penduduk sipil dan keluarga pbb, kita akhirnya memiliki kesepakatan perdagangan senjata.

setelah pengesahannya dengan sidang majelis umum pbb, kesepakatan tersebut usah ditandatangani juga disahkan dengan sedikitnya 50 negara untuk bisa dilaksanakan, demikian xinhua mencatat.