Obama berbicara dengan Karzai pascaserangan NATO

presiden amerika serikat barack obama, selasa, menggarap pembahasan melalui presiden afghanistan hamid karzai, yang menurut kaum pejabat disebut sebagai suatu konsultasi biasa, tiga hari sesudah serangan udara nato dan menewaskan 11 putri afghanistan.

gedung putih mengumumkan pembahasan itu tapi tidak mengatakan apakah obama membahas perihal serangan itu, dan mendorong jatuhnya korban jiwa daripada kalangan sipil dan telah membuat marah karzai juga terserah menguji hubungan kabul serta washington.

sebuah pernyataan gedung putih menungkapkan kiranya kaum pemimpin membahas transisi keamanan dari nato kepada pasukan afghanistan serta upaya perdamaian serta pengakuan pimpinan afghanistan.

presiden karzai menegaskan dukungannya kepada proses inklusif agar mempersiapkan pemilihan umum afghanistan di 2014, dan kaum pemimpin melaporkan bahwa pemilihan umum yang bebas, adil, dan kredibel akan bermanfaat terhadap masa depan afghanistan serta berlanjutnya dukungan internasional, kata pernyataan itu, menurut afp.

obama memuji pembahasan karzai baru-baru ini melalui emir qatar tentang kemungkinan menjalankan kantor taliban dalam negara teluk tersebut agar mendorong upaya rekonsiliasi selama afghanistan.

Informasi Lainnya:

karzai tetapi tersebut menyatakan bahwa ia menyambut baik serah terima kendali penjara bagram bulan 2012 kepada afghanistan. penjara itu acapkali merupakan sumber ketegangan diantara washington juga kabul.

para pemimpin berkomitmen kiranya tim mereka akan terus menjaga tahanan berbahaya tidak terlibat dalam medan perang serta bekerja sama dalam kemitraan dalam fasilitas itu, konsisten melalui kedaulatan afghanistan.

pembicaraan telepon antara obama juga karzai tersebut dilaksanakan sesudah pemimpin afghanistan tersebut pada hari minggu sangat mengutuk serangan nato pada provinsi kunar yang berbatasan dengan pakistan dan menurut kaum pejabat afghanistan telah menewaskan 11 anak-anak.

setelah sebuah serangan udara dalam februari 2012 yang menewaskan 10 masyarakat sipil, ada sulit perempuan serta putri, karzai melarang pasukan keamanan afghanistan agar menggarap serangan udara nato.

namun tak gamblang apakah larangan tersebut telah dijalankan, dan ada operasi dilakukan bersama-sama oleh pasukan nato juga afghanistan.

serangan terbaru tersebut terjadi sehari setelah sedikitnya lima orang masyarakat amerika serikat, termasuk asli diplomat perempuan muda, tewas dalam dua serangan taliban di timur dan selatan negara tersebut, demikian semisal dan dilaporkan dengan afp.