FSGI usulkan Kurikulum 2013 ditunda

federasi serikat guru indonesia memberi usul peluncuran kurikulum 2013 untuk ditunda sebab dinilai belum ada kesesuaian dan kesiapan pengajar.

sebaiknya kurikulum 2013 tersebut ditunda dulu, benahi saja lagi guru-gurunya, beri mereka pelatihan, kata sekretaris jenderal fsgi retno listyarti selama seminar penguatan empat pilar kebangsaan selama dunia studi yang bertajuk mengukuhkan pendidikan kewargaan bagi kokohnya nilai-nilai kebangsaan dalam jakarta, selasa.

retno menilai guru merupakan kunci kesuksesan suatu penerapan kurikulum.

guru telah harus dibangun sebab bagaimanapun dia adalah kucinya yang mengatur alur kemana siswa ini hendak dibawa, ujarnya.

karena itu, dia dan memberi usul diadakannya latihan untuk guru-guru supaya memahami seorang kurikulum bila akan diterapkan.

dia juga menolak penerapan kurikulum 2013 sebab banyak beberapa kompetensi dasar dan kompetensi inti yang tidak dipaparkan secara detail.

Lainnya: Jual Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan Murah - Jam Tangan Murah - Jam Tangan Murah

saya menolak kurikulum ini sebab isinya tak menggambarkan niat agar mengembangkan studi kita, katanya

guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn) sma 13 tersebut menilai sejumlah kompetensi dasar di kurikulum 2013 tak terintegrasi, oleh karenanya lokasi pembelajaran sulit agar dicapai.

dalam kompetensi itu dikenalkan siswa harus mengenal pasal-pasal, sementara tak dikenalkan pasal berapa. mesti berapa ada pasal yang mesti dimengerti mereka, katanya.

bahkan, retno mengusulkan untuk diselenggarakan uji coba kurikulum 2013 itu.

di pilihan negara serta diselenggarakan uji coba, semisal singapura serta inggris supaya kenal kekurangannya dan jangan terlalu terburu-buru diterapkan, katanya.

dia mengusulkan uji silahkan itu kira-kira selama dua tahun sebelum kurikulum tersebut diimplementasikan.

sementara itu, direktur pembinaan sma direktorat jenderal pendidikan menengah kementerian studi juga kebudayaan (kemendikbud) harris iskandar menungkapkan kurikulum 2013 itu masih dalam bentuk dokumen rancangan (draft), sehingga baru dapat dikaji ulang.

kalau ada kritik, silakan ke badan penelitian juga pengembangan (balitbang) kemendikbud jadi mampu dikaji, dikurang atau ditambah, ujarnya.

dia memaparkan pihaknya dan tengah memasukkan studi karakter dan budi pekerti luhur di kurikulum tersebut.

jadi, kurikulum 2013 ini tujuannya adalah takwa. sebab tersebut, kita dorong prinsipnya agar memberikan porsi lebih ada pada mata pelajaran ppkn agar sd, smp juga sma, ujarnya.

harris mengajarkan kurikulum 2013 tersebut menekankan aspek olah pikir (kognitif), olah hati dan membentuk pribadi jujur, olah rasa menanamkan kepedulian serta olahraga membentuk fisik yang tangguh.

dalam kurikulum 2013, beberapa mata pelajaran akan disederhanakan, salah satunya hanya akan ada enam dari 12 mata pelajaran dan akan diajarkan, semisal studi ajaran, (ppkn), matematika, bahasa indonesia, seni budaya juga penjaskes, ternyata ipa dan ips hendak dihapus.

kurikulum dan mengisi anggaran hingga rp2,94 triliun tersebut bertujuan supaya mengantisipasi ketinggalan, mempercepat ketinggalan pelajaran juga menunjang studi nasional ke arah yang lebih baik dan serta adalah lokasi nasional.