Putin ungkap program ruang angkasa 50 miliar dolar AS

presiden vladimir putin dalam jumat mengungkapkan cara baru rusia senilai 50 miliar dolar supaya mengekalkan supremasinya dibuat kekuatan antariksa, tergolong konstruksi pangkalan selama antariksa (cosmodrome) jenis baru info manusia mau terbang ke angkasa pada akhir dekade.

lima puluh dua tahun ke hari sejak yuri gargarin adalah pahlawan uni soviet melalui menggarap penerbangan manusia pertama ke angkasa, putin meninjau fasilitas baru (vostochny cosmodrome) tersebut selama kawasan amur dalam timur jauh.

putin mengatakan selama pembicaraan telekonfrens dengan para awak multinasional daripada stasiun ruang angkasa internasuional (iss) kiranya rusia berharap memiliki peluncuran-peluncuran pertama dari vostochny pada 2015 dan peluncuran pertama melalui awak selama 2018.

ini mau maka website launching hebat. makan waktu lama supaya mencari tapi kini perhatian sepenuhnya tengah berjalan, papar putin pada komentar-komentar dan disiarkan televisi negara, seraya menambahkan bahwa vostochny ingin beroperasi penuh dalam 2020.

Informasi Lainnya:

rusia baru membawa semua launching berawak daripada cosmodrome baikonur dalam kazakhstan -- info sama dan digunakan gargarin ketika mengerjakan penerbangan ke ruang angkasa dan bersejarah -- namun ini dibayang-bayangi dengan perselisihan soal penyewaan dengan penguasa kazakhstan.

program ruang angkasa rusia terganggu di beberapa tahun terakhir oleh kegagalan peluncuran satelit tak berawak akan tetapi putin berjanji moskow ingin selalu menyerahkan dukungan.

menurut dia, agar kurun waktu 2013-2020, rusia ingin menganggarkan dana senilai 1,6 trilun rubel (51,8 miliar dolar as) supaya sektor antariksa, sebuah pertumbuhan dan lebih besar dari negara-negara dan memiliki skill dalam jenis teknologi luar angkasa yang lain.

putin mengeluh karena negerinya teringgal daripada negara-negara lain pada kegiatan luar angkasa disamping penerbangan berawak, dan dia katakan telah adalah prioritas program ruang angkasa rusia.

ada jurang sulit diantara kami juga negara-negara lain selama teknologi mutakhir program ruang angkasa, papar putin.

salah Salah satu kegagalan dan paling memalukan rusia adalah kehilangan pesawat ruang angkasa phobos-grunt ke mars pada lalu dan jatuh berkeping-keping ke bumi padahal tujuannya merampungkan misi mengunjungi Salah satu bulan matian.

sementara itu kantor berita inggris reuters mencatat bahwa putin berharap fasilitas itu dan mau dimanfaatkan agar mengekplorasi bulan juga ruang angkasa dan isinya serta ingin digunakan oleh amerika serikat dan eropa.

saya sangat berharap fasilitas ini mau dimanfaatkan serta tidak hanya oleh para spesialis kami ternyata dan oleh spesialis daripada as, eropa juga negara-negara lain, tutur putin.

rusia menginginkan fasilitas peluncuran itu dan terletak gampat ditempuh perbatasan china, adalah saingan terhadap fasilitas dalam kazakhstan, demikian dikutip reuters dan afp.